Monday, March 19, 2012

TEKNIK DAN TIPS SUKSES WAWANCARA KERJA

TEKNIK DAN TIPS SUKSES WAWANCARA KERJA. 

Pada kesempatan ini, saya coba berbagi Ilmu dengan sobat sekalian , dengan harapan bagi para pemula atau fress graduated dapat secepatnya memperoleh kesempatan untuk diterima kerja, dan bagi yang sudah bekerja dapat memperoleh kesempatan karir yang lebih baik.

 Sekilas tentang penulis, yang saat ini menduduki posisi yang baik di perusahaan Asing, dan sudah sering melakukan wawancara dengan para pelamar kerja, baik dari fress graduated, atau yang sudah punya pengalaman, berharap para pembaca bisa cepat mendapat kerja dan mencapai kesuksesan.

Ingat " KESEMPATAN ITU MILIK SEMUA ORANG "

TEKNIK DAN TIPS PERSIAPAN MENTAL

  • I. TANAMKAN DALAM DIRI ANDA : 
  1. Katakan dalam diri anda " BAHWA SAYA MAMPU DALAM SEGALA HAL '
  2. Yakinkan diri anda " SAYA MAU DAN BISA MENGERJAKAN SEGALA HAL "
  3. Selalu mengahapi segala sesutu dengan tenang. 
  4. Jangan LUPAKAN PENGETAHUAN dan ILMU anda yang telah diperoleh dibangku SEKOLAH ATAU KURSUS atau yang lainnya waupun itu hanya sedikit. Poin no 4. ini sangat penting, ini akan sangat membantu anda untuk bisa mengikuti arus pertanyaan. contohnya : bila pertanyaan seputar makanan , Coba Anda luaskan pikiran anda saat berpikir masalah makanan ( apa yang dimakan, apa gunanya makan, bagaimana memilih makanan, cara menjaga agar tetap baik kondisinya, mengapa pilih makanan itu ) . 
  5. Tanamkan dalam diri anda untuk menguasai semua Type : type pekerja keras, type tidak suka menyerah, type selalu INGIN BELAJAR untuk bisa, type pekerja yang selalu rapi pekerjaannya dan file kerjanya, dan berusaha untuk selalu teliti dalam pekerjaannya . ( Khusus untuk ketelitian harus di pelajari dan dipraktekkan dalam keseharian secara perlahan-lahan ) 
  • II. PERBANYAK MEMBACA dan juga berlatih berbicara ( walaupun didepan cermin dan latihlah merangkai kata-kata ). Ini sangat membantu anda untuk bisa menyusun kata-kata saat bicara.
  •  III. JAGA KESEHATAN AGAR TETAP FIT. Ini sangat mudah, makan secukupnya dan tidak berlebihan, bila sedang puasa usahakan tampil ceria saat wawancara.
  •  IV. Dandan serapi mungkin tapi tidak dengan make up yang berlebihan ATAU tampilan yang berlebihan.
 SIKAP SAAT WAWANCARA : 
  1. Berusaha tetap sopan dan menjaga senyum dengan sopan saat wawancara. 
  2. Usahakan kaki tetap lurus sejajar dan ditekuk tapi jangan terlihat kaku. 
  3. Kedua telapak tangan disatukan , dan boleh sesekali diangkat tidak terlalu tinggi saat berbicara agar tidak terlalu kaku , tapi jangan terlalu sering, ini bila wawancara dilakukan dengan menggunakan meja. 
  4. Bila wawancara dengan kursi saja tetapi tidak ada meja, usakan kedua kaki tetap sejar dan ditekuk tapi jangan terlihat kaku , telapak tangan bisa disatukan dan diletakkan diatas kedua kaki, dan tangan sesekali boleh diangkat tidak terlalu tinggi saat menerangkan. 
  5. Pandangan tetap focus kedepan, jangan sering menunduk, bila kebetulan beradu mata dengan pemberi wawancara, jangan menatap terlalu tajam .
  6. Tetap relax dan tetap atur nafas dengan baik bila waktu wawancara panjang. 
  • V. MENJAWAB PERTANYAAN SAAT WAWANCARA 
Sebenarnya seorang pemberi WAWANCARA ingin mengorek diri anda , tentang kesungguhan anda untuk berkerja, dan cara kerja anda bila diterima karja. KARENA sebenarnya suatu pekerjaan itu bisa dipelajari saat sudah diterima kerja. Pada prinsipnya "Bekerja itu tidak sulit '" karena di perusahaan itu sudah diberikan panduan ( Guide line ) untuk kerja. Tetapi hal yang paling penting adalah Bagaimana pencari kerja itu bisa diterima dam menyakinkan si pemberi wawancara untuk diterima kerja. 

COBA IKUTI LANGKAH-LANGKAH BERIKUT SAAT WAWANCARA :
  1. Boleh gunakan kata MAAF...., untuk membuka ATAU memulai menjawab pertanyaan, atau bila karena ada pertanyaan yang kurang paham. contohnya : MAAF KALAU BOLEH TAHU.... ATAU MAAF KALAU BOLEH BERTANYA...ATAU  MAAF SEPENGETAHUAN SAYA,  ....( SESUAI PERTANYAAN ) ..ADALAH...
  2. Pemberi wawancara di perusahaan terkadang ada 2 sumber , dengan menggunakan jasa outsourcing ( pihak ke dua ) atau langsung dari pegawai perusahaan langsung, a. BILA WAWANCARA DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN LANGSUNG, cara tersebut diatas bisa dilaksanakan semua. b. BILA MENGGUNAKAN JASA OUTSOURCING , ini tergantung posisi yang ditawarkan, untuk posisi yang tidak membutuhkan keahlian khusus itu tidak banyak masalah. TETAPI bila membutuhkan keahlian khusus, itu diperlukan cara yang lebih special, yang lebih penting, bagaimana kita bisa menyakinkan mereka bahwa kita mampu bekerja dan menduduki menduduki jabatan yang ditawarkan. Biasanya pihak pewawancara dari outsourcing pada tes puncak akan memberikan tertanyaan yang berhubungan dengan SEBUAH KASUS, ini tinggal cara keberanian kita untuk menjawab dan meyakinkan bahwa cara kita menyelesaikan masalah menguntungkan bagi, perusahaan. 
  3. Bila anda dipancing pada sebuah pertanyaan yang menjebak karena bersifat manusiawi, TETAPLAH berfokus dan yakinkan pada si pemberi wawancara , bahwa jawaban anda harus memihak perusahaan dan jawaban yang menguntungkan perusahaan. contohnya : BILA Ada pertanyaan mengenai adanya permintaan kenaikan gaji oleh karyawan karena ada kenaikan harga BBM , bagaimana?. Untuk menjawabnya , pastikan jawaban anda tetap memihak perusahaan yang sudah tentu dengan keterangan yang bisa masuk akal, seperti misalnya Harus melihat keuangan order perusahaan, ataupun kemampuan perusahaan...atau dengan trik jawaban, sebagai berikut.... gaji bisa dinaikan setelah kondisi perusahaan benar-benar stabil setelah kenaikan BBM, dan kenaikan itu juga harus disesuaikan kemampuan perusahaan dan kenaikan itu bisa dilakukan secara bertahap ...seiring perkembangan perusahaan. Jawaban bisa anda cari sendiri " INTINYA YAKINKAN BAHWA DENGAN ADANYA ANDA BISA MENGUNTUNGKAN PERUSAHAAN " 
  4. PERTANYAAN mengenai GAJI YANG diminta DALAM WAWANCARA ( untuk penglaman menengah ke bawah ). Bila berupa isian : maka isikan jumlah Gaji secara umum sesuai standar daerah anda dan jenis kerja yang ditawarkan kepada anda. TETAPI bila pertanyaan secara langsung dalam wawancara : Alternatif jawaban ini bisa dipakai sbb : " Sebenarnya Gaji, bagi saya adalah no 2, tetapi yang lebih penting bagi saya yaitu saya bisa bekerja di perusahaan ini dan membantu perusahaan ini untuk lebih maju lagi dengan kemampuan yang saya miliki, ... saya yakin perusahaan ini mempunyai standar gaji yang sudah bagus dengan mempertimbangkan posisi dan jabatan yang ditawarkan " .
  5. PERTANYAAN SEPUTAR PENGALAMAN KERJA. Ini juga mempengaruhi diterimanya kerja dalam wawancara. BILA ANDA BELUM MEMPUNYAI PENGALAMAN KERJA , Tip menjawabnya adalah usahakan anda sampaikan seolah-olah sudah mempunyai pengalaman dalam bekerja. contohnya sebagai berikut : " Saya belum pernah bekerja di perusahaan besar, tetapi selama ini diwaktu senggang saya mencoba mencari tambahan uang dengan berjualan..A..atau... B, anda bisa menambahi dengan sedikit cara kerjanya yang bisa meyakinkan. Bila anda pernah bekerja walaupun hanya 1 minggu, cobalah sampaikan keterangan seolah-olah anda bekerja lebih dari sebulan dengan sedikit memberikan gambaran kerja dan keterangan yang anda padukan dengan pengetahuan anda yang lain. 
  6. PERTANYAAN SEPUTAR " MENGAPA ANDA KELUAR DARI KERJA YANG LALU " Untuk jawaban ini pilhlah jawaban yang akan menambah simpati anda, bukan malah memojokkan anda sendiri. Contohnya " Sampaikan bahwa alasan keluar kerja bahwa anda ingin meningkatkan kemampuan anda , dan mencoba memadukan pengalaman kerja yang lama dengan yang baru dari sisi positif , untuk membantu kemajuan perusahan baru yang dilamar. 

Itu mungkin sedikit yang penulis sampaikan dengan harapan karir anda akan menjadi baik dan meningkat, satu hal yang jangan pernah dilupakan " SELALU BERUSAHA UNTUK BEKERJA SEBAIK-BAIKNYA DAN SERAPI MUNGKIN DALAM BEKERJA ", . Walaupun atasan kita tidak melihat langsung kerja kita, tapi sebenarnya setiap atasan akan tahu kerja bawahannya . Sampai ketemu di Artikel yang lain " SEMOGA SUKSES "

2 comments:

  1. mantap banget gan. teknik dan tips sukses wawancara kerja ini sangat bermanfaat sekali. terima kasih ya

    ReplyDelete