Sunday, January 8, 2012

Cara mudah menjadi Supervisor Handal: Membuat rencana dan mengatasi Masalah

CARA MUDAH MENJADI  SUPERVISOR HANDAL
Menjadi seorang   Supervisor  Handal  adalah impian dari setiap orang, baik
bagi seseorang yang sedang dalam proses recruitment atau yang sudah menduduki Supervisor position ataupun yang baru merintis perusahaan baru.
Disini  akan disampaikan  Aplikasi yang dilakukan perusahaan Japan, dalam membentuk  karakter menjadi  supervisor handal dengan tujuan  agar :
  1. Para pencari kerja bisa paham apa itu dan bagaimana sebenarnya  Supervisor position itu sehingga dapat dengan mudah melampaui test wawancara untuk menduduki jabatan Supervisor .
  2. Seseorang yang sudah menjadi Supervisor bisa lebih memahami hal yang terpenting yaitu bagaimana menjadi supervisor yang handal , dalam artian bagaimana jabatan supervisor itu dapat difungsikan dengan baik sehingga tujuan perusahaan tercapai dan juga bisa meningkatkan posisi supervisor itu sendiri menjadi lebih profesional dan pada akhirnya karir dapat melesat dengan cepat untuk menduduki posisi yang lebih tinggi.
  3. Seseorang yang baru merintis usaha atau yang sedang mengembangkan usaha timbul ide-ide cemerlang untuk me-manage perusahaannya.
Sebenarnya menjadi supervisor itu sangat mudah, asal tahu caranya, ada beberapa hal yang harus dipahami sebelumnya.
  • KENAPA SUPERVISOR DIBUTUHAN ?
  1. Faktor Ekternal : Adanya Perubahan Lingkungan Management yang keras dan ketat, sehingga sangat dibutuhkan seseorang yang mampu mengatasi dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan itu.
  2. Faktor Internal : Adanya ciri Khas Usaha ( Jenis Bisnis Perusahaan ) sehingga dibutuhkan KOMPOSISI yang tepat antara Kebutuhan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dengan jenis usaha itu.
  3. Belajar dari IMPROVEMENT Toyota : Walaupun Toyota sudah menjadi perusahaan no 1. tetapi tetap tidak mengubah sikap untuk sulalu melakukan improvement yang berkesinambungan. Dan selalu menerapkan  pola berfikir yang selalu Evaluasi : 
  •           PLAN ( Membuat perencanaan  Kebijakan dengan memberikan target antar Devisi.
  •           DO ( Penanganan terhadap Masalah )
  •           CHECK ( Evaluasi Progress Penanganan Masalah terhadap Pencapaian Tujuan / Sasaran.
  •           ACTION ( Konfirmasi terhadap Hasil , dan bisa sudah berhasil kembali melakukan PLAN. 
Tugas supervisor adalah membuat perencanaan  dan menganalisa rencana,  sampai rencana itu berhasil. Kalau kita sudah tahu bidang yang akan kita kerjakan maka menyusun rencana adalah sangat mudah , ibarat kita bicara " Itu adalah makanan kita sehari-hari ",  tinggal apa selera  makan kita, tambahkan  lauk kesukaan kita , kalau perlu nyalakan lilin biar aman , siap deh kita sajikan.
 
Untuk lebih jelas dalam membuat rencana agar matang , perhatikan hal penting dibawah ini,

I. MEMBUAT PERENCANAAN .

Pembuatan Perencanaan  yaitu Membuat Rencana  dengan identifikasi yang jelas meliputi :
  1. Alasan Pembuatan Rencana : Berikan latar belakang yang singakat , menarik dan jangka waktu yang jelas.
  2. Tentukan Tujuan dan Apa yang harus dicapai dari rencana : Usahakan focus pada rencana , ini untuk memudahkan pemeriksaan hasil.
  3. Buat Daftar SUMBER DAYA yang sesuai dengan rencana kerja . ( contoh : Anggaran, Personalia, konsultan, ruang atau penunjang lain seperti buku )
  4. Mengidentifikasi Kendala yang menjadi hambatan rencana : Teliti dan susun cara penyelesaiaannya.
  5. Evaluasi perkembangan pelaksanaan rencana , harian, mingguan dan bulanan.
Mudah bukan , setelah rencana matang tinggal pelaksanaan, agar lebih sempurna coba antisipasi masalah dengan step berikut ,

II. MENGATASI MASALAH


yaitu Untuk mengetahui ataupun antisipasi terhadap masalah yang akan timbul dengan  mengikuti langkah 4W + 1 H. yaitu 
  • Who ( Siapa yang terlibat )
  • What ( Apa masalahnya )
  • When ( Kapan terjadinya )
  • Where ( Dimana Terjadi )
  • How ( Bagaiman mengatasi masalah )
Tinggal digabung-gabungin kata-kata diatas , kasih keterangan  jelas dan rinci dari masing masing , bila  sudah ketemu Inti masalahnya, berarti beres semuanya, Tinggal Buat kebijakan untuk menyelesaikannya.


Wah ,  mudah bukan , semua akan beres tinggal melihat kedepan,  Kesuksesan menanti anda , dan bagi pencari kerja untuk Supervisor, silahkan pelajari dan terangkan dengan contoh nyata,
pasti yang mengetest anda akan bertekuk lutut , tapi jangan lupa saat wawancara tetap sopan,  pastikan diri anda sebagaimana orang berwibawa yang sedang bebicara ,dan anggap saja yang mewawancari  ada itu membutuhkan keterangan anda. 
Akhir kata penulis sampaikan selamat bekerja ,  " SEMOGA SUKSES "                        






No comments:

Post a Comment

Post a Comment