Friday, September 8, 2017

TEKNIK DAN TIPS SUKSES MELAMAR KERJA DI BAGIAN QUALITY CONTROL ( QC ) PADA PERUSAHAAN MANUFACTURE

TEKNIK DAN TIPS SUKSES MELAMAR KERJA DI BAGIAN QUALITY CONTROL ( QC )  PADA PERUSAHAAN MANUFACTURE


Pada kesempatan ini, akan saya sampaikan Tip sukses melamar kerja di bagian QUALITY CONTROL , untuk perusahaan Manufacture.

Secara prinsip cara kerja bagian Quality Control adalah SAMA hanya system kerja yang berbeda , yang dipengaruhi besar tidaknya perusahaan tersebut.

APA ITU BAGIAN QUALITY CONTROL ( QC ) ?

Banyak sekali kita baca untuk lowongan pekerjaan bagian Quality Control ,  banyak perusahaan yang membutuhkan bagian Quality Control ( QC ) , bahkan untuk perusahaan Asing,  Departement Quality Control secara karer dapat berkembang lebih cepat karena dianggap oleh perusahaan ,  sebagai penentu untuk menjamin dan menarik minat serta  permintaan para pelanggan ( menjamin kepercayaan pelanggan ).

Departement / Bagian Quality Control : adalah bagian yang mempunyai tugas dan tanggungjawab besar dalam hal Qualitas part atau barang.

Dalam perusahaan Manufacture Bagian Quality Control ( QC ) di bagi menjadi 3 bagian :
  1. Incoming Quality Control ( IQC )
  2. Quality Assembling ( QA )
  3. Out going Quality ( OQ )

Incoming Quality Control ( IQC ) : 

Adalah Bagian  yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk memastikan semua barang / part yang di beli  dan diterima di gudang dalam kondisi bagus, sesuai Spesifikasi part yang di Order.

Cara kerja bagian IQC :
  • Melakukan cek terhadap kedatangan barang / material , dimana pengecekan bisa dilakukan cek secara SAMPLING CEK ( cek sebagian part untuk mewakili keputusan semua kedatangan barang yang jumlahnya banyak ) atau bisa juga  cek seluruh kedatangan  barang bila jumlah sedikit.
  • Dasar Pengecekan menggunakan Drawing atau sample part yang sudah setujui atau di approved oleh bagian Enginering . ( Sample part untuk cek biasa disebut " SAMPLE APRROVED " ). Part Sample Approved ini biasanya sudah ditempeli label yang berisi nama part , supplier , dan Tanda tangan yang mengeluarkan Sample Approved ( bagian Departement Enginering  ).
  • Membuat Hasil cek kedatangan secara tertulis baik part yang di cek tersebut kondisi "OK" atau " cacat/Reject ". Apabila hasil cek reject atau tidak sesuai part yang di beli , IQC harus membuat laporan hasil cek untuk disampaikan : 1. ke Supplier ( Penyedia barang ) untuk disampaikan point reject nya untuk dimintakan  perbaikan ke Supplier pada pengiriman berikutnya .
  • IQC juga menyampaikan informasi barang reject,  hasil cek sampling nya ke Purchasing ( Bagian Pembelian ) agar bagian Purchasing juga ikut folow up ( Ikut melakukan action ) menyampaikan ke suplier  tetapi dengan tujuan meminta kapan dan berapa jumlah barang yang harus diganti.
  • Mencatat semua hasil kerja baik di buku ataupun di soft copy ( Komputer ).
  • Cara mengecek barang kedatangan dengan cara Visual ( Langsung Penglihatan ) atau dengan alat Ukur.
  • Setiap kejadian atau temuan harus lapor ke Atasan .
Quality Assembling ( QA )

Memastikan semua part ( Raw material,  termasuk  part WIP ( WORK IN PROCESS )  ) yang akan dipakai untuk proses produksi selanjutnya dalam kondisi OK , secara kualitas.

Cara Kerja :
  • Melakukan cek part,  yang akan dipakai untuk proses produksi selanjutnya , berdasarkan Limit sample atau Drawing Spec dari Enginering.
  • Bila proses produksi banyak ganti model . System cek bisa menggunakan metode FIST peace FIRST CHECKED atau setiap jalan model , pertama part yang di pakai harus  di cek  dan dipastikan part yang dicek tersebut harus " OK "  , demikian seterusnya bila akan ganti ke Model produksi berikutnya. 
  • Bila ketemu reject saat pertama cek , maka produksi harus dihentikan sampai diputuskan hasil cek OK , untuk menunggu keputusan agar tidak terjadi KERUGIAN.
OUTGOING QUALITY CONTROL

Prinsip kerja dan alur kerja sama dengan QUALITY CONTROL yang lain , Hanya skup kerja untuk outgoing QC , mempunyai tanggungjawab yaitu : memastikan part PART Barang jadi dalam keadaan OK. dan siap dikirim ke Gudang Barang Jadi, untuk siap Jual.

Prinsip Kerja
Kemampuan yang perlu dimiliki :
  • Bahasa Inggris atau Bahasa Asing lain  pasif , karena kadang buku panduan ada menggunakan tulisan bahasa asing.
  • Kemampuan Komputer.
  • Prinsip membuat Keputusan terhadap Quality yang jelas dan tegas.
  • Bisa membaca Drawing spek ( baca pada artikel Enginering )
Saat WAWANCARA pun juga sangat mudah apabila anda pahami keterangan diatas, saat menyampaikan pada sesi wawancara.

Demikian semoga berhasil dan sukses.







No comments:

Post a Comment