Wednesday, October 4, 2017

TIPS SUKSES DITERIMA KERJA DI BAGIAN PERSONALIA, ADMINISTRASI , DAN UMUM

TIPS SUKSES DITERIMA KERJA DI BAGIAN  PERSONALIA, ADMINISTRASI , DAN UMUM

Apa itu bagian Personalia itu ?
Apa persyaratan yang harus dipenuhi ?
Apa saja lingkup kerja bagian Personalia, Administrasi Personalia dan umum ?


Untuk dapat diterima kerja di bagian personalia, harus mengetahui , paling tidak hal dasar yang menjadi lingkup kerja bagian Personalia , administrasi dan umum. Kali ini akan disampaikan keterangan untuk bagian ini , untuk  perusahaan besar , dengan harapan apabila melamar atau bekerja di perusahaan yang lebih kecil akan lebih mudah .

Apa itu bagian Personalia itu ?
Apa saja lingkup kerja bagian Personalia, Administrasi Personalia dan umum ?

Bagian Personalia adalah adalah bagian support  di perusahaan , yang lebih focus mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan pesoalan perseorangan tenaga kerja dan legalitas perusahaan .
Untuk perusahaan Besar Manufacture ( Perusahaan yang memproduksi atau melakukan proses produksi dari bahan mentah sampai barang jadi ).

Bagian personalia mempunyai 3 tugas utama yaitu :
  1. Ketenagakerjaan : yaitu mengurusi hal yang berhubungan dengan tenaga kerja : misalnya, tambahan dan pengurangan tenaga kerja baik tenaga lokal, tenaga kontrak    , maupun asing ( atas permintaan manager produksi sesuai kebutuhan orang ), perjanjian dengan karyawan baru.seleksi karyawan baru, training karyawan baru, dll
  2. Bagian LEGALITAS : Mengurusi legalitas (sesuai peraturan resmi tenaga kerja ) tenaga asing sesuai peraturan negara setempat, legalitas perekrutan tenaga kerja ( sesuai peraturan tenaga kerja )  , legalitas pendirian perusahaan ( Ijin usaha ), 
  3. Bagian UMUM : Bagian ini mengurusi  hal-hal umum yang berkaitan dengan perbaikan dan kelancaran perusahaan , misalnya : perbaikan saluran , listrik, air , gedung dalam skala kecil , transportasi umum karyawan , catering perusahaan kalau ada , pembelian alat kantor / alat kebersihan , penghitungan uang makan , cuti tahuan, kebersihan pabrik / perusahaan ,  dll,

Apa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bagian personalia ?

Khusus untuk Kepala Bagian keatas ( sampai Manager )
1. Pendidikan , untuk klas kepala Bagian ke atas bisanya dari lulusan Sarjana Hukum , Atau Psikologi,
    Karena harus paham masalah legalitas dan pemilihan ketenagakerjaan dan legalitas perusahaan .
2. Pengetahuan dasar komputer.
3. Pengetahuan dasar ketenagakerjaan
4. Kemampuan dasar Training untuk Tenaga kerja .
5. Kemampuan membuat Schedule Rencana untuk Training karyawan, tambahan karyawan, dll.
6. Kemampuan bahasa Asing.

Untuk Administrasi Personalia dan Umum:
1. Kemampuan dasar Komputer, Pendidikan bukan menjadi masalah utama , untuk yang pernah 
    bekerja
2. Administrasi sederhana , karena biasanya membantu tugas untuk pencatatan : Absensi, data
    penggajian , karyawan yang kemudian disampaikan kepada bagian Keuangan atau Accounting ,
    pengaturan transportasi untuk karyawan , pembagian driver ,dll.
3. Sedikit kemampuan dasar Teknik ( Untuk bagian umum )
4, Mengetahui Pengetahuan dasar  IPAL ( Untuk bagian UMUM karena berhubungan dengan limbah
    pabrik )

Apa saja lingkup kerja bagian Personalia, Administrasi Personalia dan umum ?

Sebenarnya dibagian Personalia sendiri ada pembagian tugas, sesuai dengan jabatannya , Untuk planning dilakukan dari Atasan dan pelaksanannya berkerja sama dengan bawahannya .

Tetapi secara garis besar lingkup kerja untuk bagian personalia dapat dirinci sebagai berikut :

1. Mengurusi persoalan Karyawan : Tambahan karyawan, PHK,  Pengurangan Karyawan
    Hal yang perlu dipersiapkan adalah :
    a. Test untuk karyawan ( waktu,  tempat , dan menghubungi calon karyawan ) , sesuai syarat dan
         kebutuhan  perusahaan .
    b. Data bank karyawan , yang di peroleh dari menjalin kerjasama  dengan pihak luar (misal :
        sekolahan ,
        Pendidikan,  ketrampilan lain )
    c. Peraturan ketenagakerjaan sesuai peraturan pemerintah setempat ( Dinas Tenaga Kerja )
    d. Membuat Data Master  List semua karyawan.
    e. Membuat data asset perusahaan,
    f.  Membuat data perawatan gedung perusahaan
    g. Menyiapkan data untuk keperluan makan maupun transportasi , baik pemberian berupa uang
        atau  bentuk lain seperti penyediaan catering perusahaan .
    h. Membantu persiapan Training : Bahan Training, mengatur waktu dan tempat,
    j. Membuat schedule kebersihan ( Bagian Umum ) .
    i. Kontrol absensi karyawan untuk laporan support ke bagian lain.

2. Mengurusi Legalitas Perusahaan :
    a. Mengecek berlakunya semua perijinan  perusahaan ( untuk ijin baru , maupun perpanjangan Ijin
        perusahaan )
    b. Mengecek ijin kerja karyawan Asing ( untuk perpanjangan maupun ijin baru ) dengan pihak
       Imigrasi.
    c. Membantu masalah ketenagakerjaan yang berhubungan dengan Hukum , seperti PHK , dll.
  
Dengan menguasai hal-hal penting diatas dapat memberikan wawasan , walaupun anda belum pernah bekerja , cobalah baca dengan perlahan dan gambarkan dalam fikiran anda,  seakan saat ini  anda sudah berada dalam perusahaan yang anda  lamar.

Semoga bermanfaat dan semoga berhasil . Salam .


   







   



No comments:

Post a Comment