Friday, March 30, 2012

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI

TIPS MELAMAR KERJA DAN SUKSES KERJA BAGIAN ADMINISTRASI
Tentu tidak asing lagi , saat kita mendengar dibutuhkan lowongan dibidang Administrasi, karena setiap hari dari berbagai perusahaan membuka lowongan untuk menduduki kesempatan sebagai tenaga administrasi.

Pada kesempatan ini penulis akan memaparkan Teknik dan Tips sukses untuk bisa diterima kerja sebagai Tenaga Administrasi dan menjadi tenaga Administrasi yang Handal.

Bagian Administrasi mempunyai kerja yang sangat penting, untuk mendukung kerja atasan atau bagian lain. Dan pengalaman kerja di bagian Administrasi akan memberikan peluang yang besar untuk jenjang karir yang lebih tinggi, karena dasar kerja perusahaan ada pada bagian Administrasi. 

Semakin besar suatu perusahaan dan semakin komplek struktur organisasi dalam perusahaan, maka semakin banyak tenaga Administrasi dibutuhkan. Seperti bagian Gudang, Puchasing, Quality Control, Exim, Personalia, Teknologi Produksi ( Engenering ) , atau Maintenance ( Teknisi Perusahaan ). 

Pada Bagian Administrasi membutuhkan pengetahuan yang baik , dimana semuanya bisa dipelajari asal ada kemauan seperti : 
1.Dasar Komputer Excel maupun Word 
2.Sedikit Bahasa English ( walaupun Pasif ) 
3. Ketelitian.

TIPS UNTUK SUKSES MELAMAR BAGIAN ADMINISTRASI : 

1. PERSIAPAN AWAL .

 A. Cobalah untuk berlatih untuk berhitung ringan seperti perkalian, pembagian , pengurangan , agar dapat   
     menemukan cara cepat untuk menghitung. 
B. Untuk Persiapan melamar silahkan baca ulang untuk teknik melamar kerja. 
C. Yakinkan diri anda “ BAHWA ANDA MAMPU DALAM SEGALA HAL “

POINT PENTING 

  • Selalu ingat saat melakukan wawancara , dan menerangkan sesuatu tentang Administrasi, selalu ditekankan , bahwa segala sesuatu bukti Administrasif selalu menjadi point utama yang harus disimpan dan dilampirkan dan dicatat.. Contoh : Nota pembelian , bukti surat serah terima barang, bukti pengeluaran barang dll.

2. BAHAN PERSIAPAN UNTUK WAWANCARA ADMINISTRASI

LINGKUP KERJA BAGIAN ADMINISTRASI :
  • ADMINISTRASI PENJUALAN : Melakukan pencatatan dan pembukuan semua transaksi penjualan harian disertai bukti penjualan,  bisa berupa nota penjualan atau yang lainnya. 
  • ADMINISTRASI PEMBELIAN : Melakukan pencatatan dan pembukuan semua transaksi pembelian harian disertai dengan bukti pembelian bisa berupa nota pembelian atau yang lainnya. 
  • ADMINISTRASI KANTOR UNTUK PERUSAHAAN PERDAGANGAN Untuk kerjanya tergantung dari sistem pengaturan dari manager , Ada yang mempunyai kerja hanya untuk administrasi ringan seperti pencatatan DATA atau membuat surat menyurat , tetapi ada perusahaan yang memasukkan tugas keuangan dan pencatatan stock gudang ke dalam kerja ADMINISTRASI. 
Disini tugas Administrasi menjadi lebih luas , seperti : Mencatat semua stock gudang, bertanggung jawab terhadap keluar masuk barang ke sales, maupun yang memberikan uang saku ke sales.
Dari hasil pencatatan setelah diketahui atasan , laporan tersebut akan disampaikan ke Accounting. 
  • ADMINISTRASI UNTUK PERUSAHAAN MANUFACTURE ( PABRIK ) Sebenarnya prinsip kerjanya hampir sama baik perusahaan besar LOKAL atau perusahaan ASING. Pada perusahaan jenis ini kerja ADMINISTRASI menjadi sangat penting karena semua data harus dilakukan pencatatan dengan rapi , dan semua aktifitas harus dilakukan secara terschedule . Untuk menerangkan saat wawancara , bisa padukan dengan teknik dan tips menjadi AdmINISTRASI yang handal berikut. 
TEKNIK DAN TIPS SUKSES MENJADI ADMINISTRASI YANG HANDAL : 
Dua hal pokok yang perlu diperhatikan :

1.  TEKNIK PENATAAN FILE baik Penyusunan Hard copy maupun Soft copy. 
Hard copy : file yang disimpan dalam bentuk nyata 
Soft copy : File kerja yang disimpan dalam komputer. 

CATATAN PENTING : * Berfikirlah bahwa anda membuat atau menata file kerja bukan untuk diri anda sendiri tetapi untuk orang lain “. ARTINYA dimana atau siapapun yang akan mencari data yang anda sajikan untuk umum , mereka akan dengan mudah bisa dengan cepat menemukannya. 

CARA PENATAAN FILE : APLIKASI DI PERUSAHAAN JAPAN.
  • Kelompokkan data yang anda buat dalam urutan Adjat A ~ Z dan beri juga nomor urut dari angka 1 ~ sampai seterusnya, dengan TUJUAN bila file diambil atau hilang akan segera tahu file mana yang tidak ada di tempatnya. 

2. MEMAHAMI “ HORENSO “ ( HO-REN-SO )

Horenso adalah Istilah bahasa Japan yang sering di aplikasikan dalam praktek sehari-hari.
 “ HORENSO '' ADALAH SYTEM INFORMASI ATAU PELAPORAN. 

ASAL PEMBENTUKAN KATA : 
 “HO” dari kata HOUKOKU : Proses pelaporan “ segala sesuatu “ dari bawahan ke atasan atau sebaliknya. “REN” dari kata RENRAKU : Menginformasikan : menyampaikan INFORMASI sejelas-jelasnya  sampai ke tingkat yang paling bawah atau sebaliknya, sehingga informasi dapat di terima semua untuk diambil tindakan.
 “SO” dari kata SOUDAN : yaitu system konsultasi ( diskusi ) untuk penyelesaian masalah.

RANGKUMAN :
  1. Persiapan saat WAWANCARA : Luaskan dan  arahkan  fikiran anda, seolah-olah anda sudah bekerja di bagian Administrasi , seperti : Cara melakukan kerja administrasi , cara simpan bukti file ( nota dst ), Cara menyusun laporan dengan mengumpulakan semua catatan harian .
  2. Apabila ada pertanyaan tentang " Apakah pernah berkerja di bagian Adminitrasi " katakan "Ya"   Walaupun sebentar saja ( 2 atau 3 bulan ) dan terangkan sedikit kerjanya seperti keterangan diatas , dan cari alasan " Mengapa Meninggalkan perkerjaan tersebut " dengan alasan yang bisa diterima seperti : Kerja sebagai tenaga pengganti atau alasan lain yang tidak menimbulkan pikiran negatif si Pemberi Wawancara.
  3. Usahakan setenang mungkin saat Wawancara, dan jawablah setiap pertanyaan dengan sedikit kemantapan sehingga meyakinkan pemberi wawancara.
  4. SETELAH  anda diterima kerja,  usahakan seAktif mungkin ARTINYA  bila ada masalah yang sekiranya atasan perlu tahu segera sampaikan , tapi jangan lupa ANDA harus juga berikan pendapat alternatif penyelesaian, saat menyampaikan , Ini adalah nilai plus bagi anda.
  5. Catat setiap pekerjaan yang di berikan atasan , ini sangat penting untuk melaksanakan pekerjaan yang sama agar tidak terjadi kesalahan.
  6. Apabila di berikan suatu pekerjaan dari Atasan , tanyakan dengan jelas sebelum dikerjakan , tetapi dengan penyampaian  kata yang baik, jangan sampai timbul pertanyaan  setelah perintah dijalankan, karena itu bisa memunculkan rasa tidak senang penilaian yang kurang baik  dari atasan.
  7. Jangan sampai datang kerja terlambat , usahakan GO IN TIME jangan ON TIME , sehingga masih ada waktu longgar dan tidak tergesa-gesa.
 Sebenarnya hal diatas bisa anda jabarkan menjadi lebih luas , tapi yang lebih penting , mudah-mudahan bisa membantu lolos dalam seleksi awal , dan bisa memperluas wawasan anda. Jangan pernah dilupakan “ KESUKSESAN SELALU MENANTI ANDA “.

58 comments:

  1. mantap... tapi saya sudah punya pengalaman ADMINISYRASI DI perusahaan manufaktur yang adminnya lebih lengkap dan komplit tapi pas saya keluar dan masukin lamaran gak ada panggilan lagi gimana mau wawancara

    ReplyDelete
  2. Semangat dan sabar adalah kunci utama, Semakin banyak melamar peluang akan terbuka lebar,...kalau agan Doni sudah mempunyai pengalaman Administrasi ,..perluas lagi lamaran dengan mengembangkan Ilmu ada ,..coba cari kesempatan dengan melamar yang lebih tinggi lagi diatas Administrasi,...Good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin banyak melamar semakin habis uang disaku ku..
      Karena tidak ada panggilan2 dimana mana

      Delete
    2. Andi wijaya tp sudah pakai baju Indomaret tuh

      Delete
  3. wah terimakasih atas sarannya..
    semoga semua itu berguna untuk saya..
    semoaga kesehatan dan kesuksesan selalu menyetai anda..

    ReplyDelete
  4. saya melamar administrasi di bimbel. saya sudah mengikuti tes nya. dan hari ini saya di panggil lagi. ntah apa tes lagi atau info panggilan kerja. walaupun saya non berpengalaman tapi saya berusaha mencari kelebihan yaitu: mempelajari ms office world dan ms excel secara otodidak, dan ikut kursus design class. menurut pak yuli bagaimana ???apa yang harus saya lakukan lagi

    ReplyDelete
  5. sangat membantu yang awam
    terima kasih banyak .

    ReplyDelete
  6. maaf mas, saya ini senin ada interview kerja dengan posisi admin teknik, nah kalo untuk admin teknik itu bisa di jelasin gak kira2 seperti apa aja tugas2 nya?? kalau untuk kondisi wawancara sih sudah anda jelaskan, saya hanya ingin tau lebih lanjut tentang tugas dan tanggung jawab dari admin teknik, terima kasih.

    ReplyDelete
  7. thanks gan atas infonya

    best regard ^_^

    ReplyDelete
  8. aku lo bingung mw ngelamar kerja di bagian apa........
    padahal dalam masalah pengalam kerja q udah semua, mulaia dari kerja kasar sampai kerja kantoran, tp sayangnya itu semua tidaklah bertahan lama paling lama cuma 7 bulan sebagai administrasi kebersihan dan kesehatan di yayasan

    ReplyDelete
  9. terimakasih mas sangat bermanfaat. sukses selalu

    ReplyDelete
  10. permisi ka mau numpang promo nih, siapa tau bisa sharing komputer, http://www.asianbrilliant.com
    kursus komputer online

    ReplyDelete
  11. untuk bagian admin sendiri, biasanya untuk jenjang pendidikan apa sih min?

    ReplyDelete
  12. trimakasih atas tips nya n sangat membantu
    semoga saya bs menjwb smua pertnyaan dr hrd n saya bs ketrima kerja
    mohon doanya ya teman teman
    amin

    ReplyDelete
  13. saya sudah keterima bekerja sebagai finance/admin itu perincian tugas-tugasnya seperti apa aja ya,,,,,

    mulai besok senin saya baru mulai masuk kerja,,
    terimakasiih,,,

    ReplyDelete
  14. heheheheheh makasih untuk semua ya..

    ReplyDelete
  15. heheheheheh makasih untuk semua ya..

    ReplyDelete
  16. Klo yg non pnglmn untuk nglamar di bagian admin gmn min....soalnya 1thn stelah lls blm pernah kerja sama sekali, trs skrng mau coba lgi. Gmn pendapat nya min.
    Makasih

    ReplyDelete
  17. Klo yg non pnglmn untuk nglamar di bagian admin gmn min....soalnya 1thn stelah lls blm pernah kerja sama sekali, trs skrng mau coba lgi. Gmn pendapat nya min.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja, biasa nya ada pelatihan 3 bulan dulu,gajinya pas pelatihan, sekitar sejutaan dulu

      Delete
  18. Terkadang yg jadi jendala kita tidak bisa meyakinkan si pewawancara, dan alhasil kita tidak di beri kesempatan utk bisa bekerja.

    ReplyDelete
  19. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://persewaanlaptopsurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. Terimakasih atas semua informasi dan begitu menarik dalam diskusi ini. Salam kenal habib syaikhu rohman ss

    ReplyDelete
  21. Bismillah semoga saya di terima menjadi admin hari ini , aminn
    Sukses buat anda , sangat membantu .

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah anak saya udah dapat kerja yg sesuai dengan bidangnya

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah anak saya udah dapat kerja yg sesuai dengan bidangnya

    ReplyDelete
  24. Kemarin ngelamar sebagai admin sales di perhotelan kira kira jobdesknya gimana ya.?sdgkan saya berpengalaman nya sebagai admin di industri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. udh jadi admin dihatiku aja,, gak ribet kok.
      cra krja nya cuma terima uang dari hasil gaji saya lalu harus di kelola dengan sebaik mungkin,, gimana mudah kan??

      Delete
  25. saya butuh soal-soal yang menghitung persen. disitu saya sering bingung. hehe

    ReplyDelete
  26. Saya malah belum pernah sama sekali menjadi admin ,saya kurang percaya diri ,saya takut tidak bisa mengoprasikan komputer untuk mmbuat data"

    ReplyDelete
  27. Saya sering gk DP saat ngadepin interv pd hal pengalaman dan ilmu telah saya miliki,, saat ditanya saya jawabnya selalu gugup jdi sering x saya gugur... pd hal saya yakin mampu.

    ReplyDelete
  28. Gimana ya gan,, ni sy dlo krj bag admin gudang cm 2 mggu blm sempet pgg kompu,,, jd hrs gmn gan

    ReplyDelete
  29. Gimana ya gan,, ni sy dlo krj bag admin gudang cm 2 mggu blm sempet pgg kompu,,, jd hrs gmn gan

    ReplyDelete
  30. Saya belum punya pengalaman admin karena sebelumnya kerja di bank... tp saya ingin mencoba admin.. kira2 pekerjaannya itu susah gak ya untuk yg gak berpengalaman seperti saya??😯

    ReplyDelete
  31. saya blum punya pengalaman jdi admin.. tpi saya punya kemauan yg besar untuk mencobaya.. namun kmampuan teknologi saya hnya mampu di ms word blm pernah point.excel taupun yg lainy.. kira2 klo melamar pakah bisa keterimah ea

    ReplyDelete
  32. Tapi saya belum pengalaman sama sekali

    ReplyDelete
  33. Kunci untuk keterima pada interview adalah "kesiapan".

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Awal pasti minder bgt, pas ngElamar kerjaan yg belom sama skali pernah tau. kadang juga kita ngerasa yakin mampu bisa, tp gak dikasih kesmpatan buat kerja, krna pas intrview gugup dan gak meyakinkan.
    Ada tips gak yah, untuk menghilangkan gugup saat intrview.

    ReplyDelete
  36. Awal pasti minder bgt, pas ngElamar kerjaan yg belom sama skali pernah tau. kadang juga kita ngerasa yakin mampu bisa, tp gak dikasih kesmpatan buat kerja, krna pas intrview gugup dan gak meyakinkan.
    Ada tips gak yah, untuk menghilangkan gugup saat intrview.

    ReplyDelete
  37. Terimakasih atas atas saran dan informasinya. Sukses selalu buat anda 😊

    ReplyDelete
  38. Smoga besok bisa masuk gapunya pengalaman magang smk pun cuma bagian bantu bantu,, gatau interview sulit enga nya, ,juga ga pinter omong,, tau saingan banyak pun kadang mundur teratur

    ReplyDelete